MENU

Apa Itu CMS? Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Apa Itu CMS
Apa Itu CMS?

CMS adalah singkatan dari Content Management System, yaitu sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mengelola, mengubah, dan mempublikasikan konten web. Dengan adanya CMS, Anda tidak perlu memiliki pengetahuan teknis tentang pemrograman web untuk membuat dan mengelola website.

Manfaat CMS

CMS memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah:

  1. Membangun website tanpa perlu coding. CMS menyediakan antarmuka yang mudah digunakan untuk membuat dan mengedit halaman, postingan, gambar, video, dan audio. Anda hanya perlu memilih tema, plugin, dan fitur yang Anda inginkan tanpa harus menulis kode.
  2. Memudahkan pengelolaan konten. CMS menyimpan konten web dalam sebuah basis data yang terpisah dari tampilan website. Hal ini memudahkan Anda untuk mengubah konten tanpa mengganggu desain website. Anda juga bisa mengatur jadwal publikasi, kategori, tag, dan komentar untuk konten Anda.
  3. Memungkinkan kolaborasi dengan banyak pengguna. CMS memungkinkan Anda untuk menambahkan dan mengelola pengguna dengan level akses tertentu, seperti guest, author, editor, dan administrator. Hal ini memudahkan Anda untuk bekerja sama dengan tim dalam membuat dan mengelola konten web.
  4. Membuat website lebih aman. CMS biasanya memiliki fitur keamanan yang melindungi website Anda dari serangan hacker, malware, dan spam. Anda juga bisa melakukan backup dan pemulihan data dengan mudah jika terjadi masalah.
  5. Membuat website ramah mesin pencari. CMS membantu Anda untuk meningkatkan peringkat website Anda di hasil pencarian Google dan mesin pencari lainnya. CMS memiliki fitur SEO (Search Engine Optimization) yang memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan judul, deskripsi, kata kunci, URL, dan struktur konten Anda.

CMS juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya adalah:

  1. Memerlukan biaya tambahan untuk membeli atau menyewa lisensi, hosting, domain, tema, plugin, dan lain-lain.
  2. Memerlukan pembaruan rutin untuk menjaga keamanan dan kompatibilitas dengan teknologi terbaru.
  3. Memerlukan pengetahuan dasar tentang CMS itu sendiri untuk menginstal, mengkonfigurasi, dan mengoperasikannya.
  4. Memerlukan sumber daya sistem yang cukup besar untuk menjalankan CMS dengan lancar.
Contoh CMS yang populer di dunia

Ada banyak jenis CMS yang tersedia di pasaran, baik yang gratis maupun berbayar. Beberapa contoh CMS yang populer adalah:

  1. WordPress: CMS gratis dan open source yang paling banyak digunakan di dunia. WordPress cocok untuk membuat berbagai jenis situs web, mulai dari blog pribadi hingga toko online. WordPress memiliki komunitas pengguna dan pengembang yang besar dan aktif yang menyediakan berbagai sumber daya seperti dokumentasi, forum, tutorial, tema, plugin, dan lain-lain. WordPress juga mudah diinstal dan dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan pengguna.
  2. Joomla: CMS gratis dan open source yang juga cukup populer di kalangan pengelola situs web. Joomla memiliki fitur-fitur canggih yang cocok untuk membuat situs web kompleks dengan banyak fungsi. Joomla juga memiliki komunitas pengguna dan pengembang yang solid yang menyediakan berbagai sumber daya seperti dokumentasi, forum, tutorial, ekstensi, dan lain-lain. Joomla memerlukan pengetahuan teknis yang sedikit lebih tinggi daripada WordPress untuk menginstal dan mengoperasikannya.
  3. Drupal: CMS gratis dan open source yang dikenal sebagai salah satu CMS paling fleksibel dan kuat. Drupal memiliki fitur-fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat situs web dengan struktur dan fungsi yang sangat kustom. Drupal juga memiliki komunitas pengguna dan pengembang yang profesional yang menyediakan berbagai sumber daya seperti dokumentasi, forum, tutorial, modul, dan lain-lain. Drupal memerlukan pengetahuan teknis yang cukup tinggi untuk menginstal dan mengoperasikannya.
  4. Wix: CMS berbayar yang menawarkan solusi pembuatan situs web yang mudah dan cepat. Wix memiliki fitur drag-and-drop yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengedit situs web dengan tampilan yang menarik tanpa harus menulis kode. Wix juga menyediakan berbagai tema, aplikasi, dan layanan tambahan yang dapat digunakan oleh pengguna untuk meningkatkan situs web mereka. Wix cocok untuk pengguna pemula yang ingin membuat situs web sederhana dengan biaya terjangkau.
  5. Squarespace: CMS berbayar yang juga menawarkan solusi pembuatan situs web yang mudah dan elegan. Squarespace memiliki fitur-fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengedit situs web dengan tampilan yang profesional dan modern tanpa harus menulis kode. Squarespace juga menyediakan berbagai tema, alat, dan layanan tambahan yang dapat digunakan oleh pengguna untuk meningkatkan situs web mereka. Squarespace cocok untuk pengguna yang ingin membuat situs web berkualitas dengan biaya premium.

Setiap CMS memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda. Untuk menggunakan CMS, Anda harus menginstalnya di hosting yang mendukungnya. Beberapa penyedia layanan hosting sudah menyediakan cara instalasi CMS dengan sekali klik.

Cara menggunakan CMS

Cara menggunakan CMS bervariasi tergantung pada jenis CMS itu sendiri. Namun, secara umum, ada beberapa langkah dasar yang harus dilakukan untuk menggunakan CMS, yaitu:

  1. Memilih CMS sesuai dengan kebutuhan.
  2. Memilih hosting dan domain untuk menyimpan dan mengakses situs web.
  3. Menginstal CMS ke hosting dengan cara manual atau otomatis.
  4. Mengkonfigurasi pengaturan dasar CMS seperti nama situs, bahasa, zona waktu, dan lain-lain.
  5. Mengubah tampilan website dengan memilih tema atau template.
  6. Menambahkan fungsi situs web dengan memasang plugin atau ekstensi.
  7. Membuat dan mengelola konten situs web dengan menggunakan editor WYSIWYG atau kode.
  8. Mempublikasikan konten situs web ke internet.

CMS biasanya terdiri dari dua komponen utama, yaitu front-end dan back-end. Front-end adalah bagian yang dilihat oleh pengunjung situs web, sedangkan back-end adalah bagian yang digunakan oleh pengelola situs web untuk mengatur konten. Back-end biasanya memiliki antarmuka yang mudah digunakan dan menyediakan berbagai fitur untuk mempermudah pengelolaan konten.

Fitur CMS

Beberapa fitur umum yang dimiliki oleh CMS adalah:

  1. Editor WYSIWYG (What You See Is What You Get) yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengedit konten dengan tampilan yang mirip dengan hasil akhirnya.
  2. Tema dan plugin yang memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan dan fungsi situs web sesuai dengan kebutuhan dan selera.
  3. Manajemen pengguna dan peran yang memungkinkan pengguna untuk bekerja sama dalam mengelola konten dengan level akses yang berbeda-beda.
  4. Manajemen media yang memungkinkan pengguna untuk mengupload, menyimpan, dan mengatur file media seperti gambar, video, dan audio.
  5. Manajemen SEO (Search Engine Optimization) yang memungkinkan pengguna untuk meningkatkan peringkat situs web di mesin pencari dengan mengoptimalkan judul, deskripsi, kata kunci, URL, dan lain-lain.
  6. Manajemen cache yang memungkinkan pengguna untuk meningkatkan kecepatan dan performa situs web dengan menyimpan data yang sering diakses di memori.
  7. Manajemen backup dan pemulihan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan salinan data situs web di lokasi lain dan mengembalikannya jika terjadi masalah.

Demikianlah penjelasan tentang apa itu CMS, manfaatnya, dan contohnya serta bagaimana cara menggunakannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat dan mengelola website dengan mudah.

Namun, jika Anda ingin terima beres, maka bisa menggunakan jasa pembuatan website wordpress.

Anda bisa melihat portofolio website yang menggunakan CMS wordpress.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Newsletter

Daftarkan newsletter kami untuk mendapatkan informasi update, berita dan penawaran menarik.

Kategori Artikel

Artikel Terkait