MENU

Komponen Website yang Perlu Anda Ketahui

komponen website

Website adalah kumpulan halaman web yang saling terhubung dan dapat diakses melalui koneksi internet. Website dapat berfungsi sebagai media informasi, komunikasi, edukasi, hiburan, dan bisnis. Untuk membuat website, kita perlu memahami komponen-komponen yang menyusunnya.

Berikut adalah beberapa komponen website yang perlu Anda ketahui:
1. Domain

Domain adalah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mengakses website di internet. Domain biasanya berupa alamat URL (Uniform Resource Locator) yang terdiri dari nama dan ekstensi. Contoh domain adalah www.dorkoro.com dan www.google.co.id. Untuk memiliki domain, pemilik situs web harus mendaftarkannya di penyedia layanan domain (domain registrar) yang resmi dan terpercaya.

2. Hosting

Hosting adalah layanan penyimpanan data yang digunakan untuk menyimpan file-file website seperti teks, gambar, video, atau kode. Hosting juga menyediakan sumber daya seperti bandwidth, CPU, RAM, atau disk space yang dibutuhkan untuk menjalankan website. Hosting dapat berupa shared hosting, dedicated hosting, VPS (Virtual Private Server), cloud hosting, atau lainnya.

3. Desain

Desain adalah tampilan visual dan estetika website yang mencerminkan identitas dan fungsi website. Desain meliputi elemen-elemen seperti warna, font, layout, navigasi, logo, gambar, atau animasi. Desain website harus menarik, konsisten, responsif, dan mudah digunakan oleh pengunjung.

4. CMS (Content Management System)

CMS adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengelola, dan memodifikasi konten website tanpa harus menulis kode secara manual. CMS memudahkan pengguna untuk membuat dan mengupdate website sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Beberapa contoh CMS yang populer adalah WordPress, Joomla, Drupal, atau Wix.

5. Konten

Konten adalah isi dan informasi yang disajikan di website. Konten dapat berupa teks, gambar, video, audio, grafik, tabel, atau lainnya. Konten website harus relevan, informatif, menarik, dan bermanfaat bagi pengunjung. Konten juga harus dioptimalkan dengan menggunakan kata kunci, judul, meta tag, atau link untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencari.

6. Fungsi

Fungsi adalah fitur dan layanan yang ditawarkan oleh website kepada pengunjung. Fungsi dapat berupa formulir kontak, pendaftaran akun, keranjang belanja, pembayaran online, komentar, chatbot, atau lainnya. Fungsi website harus berjalan dengan lancar, cepat, aman, dan mudah diakses oleh pengunjung.

Itulah beberapa komponen website yang perlu Anda ketahui sebelum membuat website. Dengan memahami komponen-komponen tersebut, Anda dapat merencanakan dan mengembangkan website yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Namun, jika Anda ingin membuat website tanpa perlu memikirkan semua komponen tersebut, maka Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Newsletter

Daftarkan newsletter kami untuk mendapatkan informasi update, berita dan penawaran menarik.

Kategori Artikel

Artikel Terkait